Soal Penilaian Harian Tema 9 Subtema 1 Kelas IV SD Kurikulum 13 (K13)

PPKN KD 3.2
1. Hak adalah ….
a. Sesuatu yang layak kita dapatkan setelah melakukan kewajiban
b. Sesuatu yang harus kita kerjakan
c. Sesuatu yang layak kita dapatkan meskipun belum melakukan kewajiban
d. Sesuatu yang tidak perlu kita kerjakan

2. Cara menjaga sumber energi laut agar tetap lestari adalah …
a. Menggunakan bahan peledak saat menangkap ikan
b. Menggunakan kemasan berbahan dasar plastik
c. Menangkap hewan laut secara berlebihan
d. Menanam tanaman bakau di sekitar pantai

3. Jika kita ingin mendapatkan hak udara segar, maka kewajiban yang harus kita lakukan adalah …
a. Melakukan penebangan secara liar c. Melakukan reboisasi
b. Membuka lahan tambang berlebihan d. Membakar hutan setiap tahun

4. Hak yang didapatkan jika kita melakukan kewajiban tidak membuang limbah dan sampah ke sungai adalah …
a. Memanfaatkan aliran sungai untuk transportasi
b. Menggunakan air untuk keperluan mandi dan mencuci
c. Memanfaatkan air untuk pengairan sawah
d. Memanfaatkan aliran air sebagai pembangkit energi listrik

5. Hak yang didapatkan penduduk yang tinggal di sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah …
a. Menjaga kebersihan sumber daya air c. membuat bendungan di sekitar sumber air
b. Mencemari sumber daya air d. mendapatkan listrik dari PLTA

Bahasa Indonesia KD 3.3
1. Orang yang dapat memberikan informasi yang benar saat diwawancara disebut …
a. Narator c. Juru kamera
b. Wartawan d. Narasumber

2. Pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber sebaiknya …
a. Banyak dan seragam c. Berulang-ulang
b. Mudah dipahami d. Sulit dijawab

3. Pertanyaan yang tepat untuk diajukan kepada narasumber seorang pecinta hewan adalah …
a. Bagaimana cara merawat hewan agar tetap sehat?
b. Mengapa hewan-hewan ini berada di tangan bapak?
c. Kapan bapak terakhir mengenakan seragam untuk bekerja?
d. Apakah bapak memahami jenis-jenis tumbuhan?

4. Hal yang harus dilakukan setelah melakukan waancara adalah …
a. Fokus kepada hal yang ingin ditanyakan c. Menentukan narasumber
b. Membuat daftar pertanyaan d. Membuat kesimpulan

5. Jika wawancara yang dilakukan adalah tentang pemanfaatan sumber energy di bidang pertanian, maka narasumber yang dapat ditemui adalah …
a. Peternak c. Nelayan
b. Petani d. Sopir

IPA KD 3.5
1. Contoh perubahan energi cahaya menjadi energi listrik adalah …
a. Sinar matahari yang menyinari panel surya
b. Aliran air yang memutar turbin dan menghidupkan generator
c. Aliran listrik yang menghidupkan kipas angin
d. Aliran listrik yang memanaskan pemanggang roti

2. Contoh sumber energi yang dapat diperbarui adalah …
a. Batubara, uranium, dan minyak bumi c. minyak bumi, biogas, dan gas alam
b. Gas alam, batu bara, dan biosolar d. air, matahari, dan angin

3. Sumber energi terbesar di Bumi adalah …
a. Matahari c. Bulan
b. Bintang d. Listrik

4. Sumber energi yang tidak dapat diperbarui adalah sumber energi yang akan ….. jika digunakan secara terus menerus.
a. Tidak akan habis c. dapat berpindah
b. Habis d. berputar

5. Pakaian dapat kering, tumbuhan melakukan fotosintesis merupakan contoh pemanfaatan energi …
a. Cahaya Bulan c. Cahaya Bintang
b. Panas bumi d. Cahaya matahari

IPS KD 3.1
1. Berikut yang bukan sumber daya alam yang terdapat di pantai dan laut adalah …
a. Pohon bakau c. Mutiara
b. Tanaman teh d. Tiram

2. Pekebun teh merupakan jenis pekerjaan yang banyak dimiliki oleh masyarakat yang tinggal di …
a. Pantai c. Perkotaan
b. Padang rumput d. Dataran tinggi

3. Kegiatan ekonomi berupa distribusi dalam pembuatan kertas adalah …
a. Menanam pohon c. mengolah kayu menjadi kertas
b. Mengirim kertas ke pasar d. membeli buku tulis

4. Saat makan ikan sarden dari kaleng, kita melakukan salah satu kegiatan ekonomi, yaitu …
a. Produksi c. Konsumsi
b. Distribusi d. Produsen

5. Nelayan merupakan profesi yang menghasilkan ….
a. Jasa dan barang c. Barang
b. Jasa d. aktivitas

Dibuat oleh : Sulastri Iryani Utama Putri, S.Pd.

Guru SD IT Unggulan Al Qudwah Pangkalpinang

Semoga Bermanfaat

Tinggalkan komentar